Bintang Tauladan !

Entrepreneur Lifestyle … mempersiapkan diri untuk menjadi Teladan.

Archive for the ‘Keuangan’ Category

Penghargaan Atas Uang

Posted by akhmad Guntar pada Januari 16, 2007

Bukan sekedar berhemat
Fiuh, udah lama banget deh ndak posting. Yang namanya cari uang emang bisa mbikin satu atau lain hal rada terabaikan. Tentu, bukan hanya saya yang punya masalah dengan keuangan. Dalam masa tertentu, Anda barangkali juga pernah berada dalam state yang sebegitu butuhnya ama uang.

Mind-state Ndak-bisa-berpikir-lain-selain-uang biasanya dialami oleh orang2 yang mengalami kekeringan finansial (or in my case, tabungan yang kurang). Mereka berpikir dan khawatir tentang uang hampir setiap saat. Kinda pathetic sometimes, mengingat hal ini berpotensi menimbulkan ketidakseimbangan dlm aspek emosional, hubungan dg orang lain atau yang lain.

Post ini telah dimigrasikan ke AkhmadGuntar dot com
Silahkan klik link berikut untuk terus membaca :

Penghargaan Atas Uang

Iklan

Posted in Hikmah, Keuangan | 15 Comments »

Kelimpahan Finansial sebagai Kesuksesan

Posted by akhmad Guntar pada Juni 23, 2006


Sukses itu disediakan bagi semua orang.

Lalu banyak orang percaya bahwa jika mereka mampu mengakumulasikan kekayaan, mereka akan sukses. Hal ini dilandasi oleh keyakinan bahwa kelimpahan finansial akan mendatangkan kecukupan kebutuhan dan berbagai fasilitas untuk membahagiakan diri dan orang lain.

Baca entri selengkapnya »

Posted in Keuangan | 1 Comment »

Tapi Hemat Sendiri Tu Apa?

Posted by akhmad Guntar pada Juni 16, 2006

Hemat sendiri artinya bisa dua: (1) menghemat apa yang dikeluarkan utk kebutuhan kita (2) Membuat surplus berupa tabungan. Kebanyakan orang tu pinter untuk perihal yang pertama. Pinter nyari barang2 diskon, tapi payah dalam menabung selisih yang didapet dari diskon.

Pernah tau nggak ada temen perokok yang pada akhirnya bisa berhenti merokok dan membanggakan betapa dia bisa lantas menghemat sampai 300 ribu setiap bulannya. Tapi terus klo ditanya, “Trus 300ribu nya tu lari ke mana?” dan temen Anda tu diem aja ndak bisa njawab.

Menghematnya sih udah bener, tapi trus kok lantas lupa nyimpen uang hasil penghematannya itu.

Nah to, kan 🙂

Posted in Keuangan | 5 Comments »

Beli Jas Hujan tu di Musim Kemarau

Posted by akhmad Guntar pada Juni 16, 2006

CoatMembeli jas hujan di musim kemarau adalah konsep orang2 kaya dalam berbelanja. Membeli jas hujan bukanlah di musim hujan kala barangnya sedemikian marak dan mahal, melainkan di musim kemarau di mana jas hujan ndak populer dan murah. Orang kebanyakan malah ndak habis pikir paling klo ngeliat kita beli jas hujan waktu kemarau :-p. Tp orang kaya menggunakan filosofi ini untuk semua pembelian.

Baca entri selengkapnya »

Posted in Keuangan | 4 Comments »

Kebiasaan Orang Kaya Bertransaksi

Posted by akhmad Guntar pada Juni 15, 2006

Orang-orang kaya di Amerika pada umumnya ternyata punya kebiasaan transaksi yang menarik. Hal ini menunjukkan sikap mereka pada setiap bentuk pengeluaran. Pada setiap kali jenis transaksi, mereka melakukan aktifitas tambahan hingga beberapa menit. Tapi inilah yang kemudian diyakini sebagai salah satu bentuk kebiasaan efektif orang-orang kaya. Dan ternyata saya cuman punya dua diantaranya. Byeh.

Kebiasaan bertransaksi mereka adalah sebagai berikut:

Baca entri selengkapnya »

Posted in Keuangan | 1 Comment »

Memberi Harga Sepantasnya Pada Uang

Posted by akhmad Guntar pada Juni 15, 2006

Kalo kita bisa menghargai dan mengelola seratus rupiah, maka kita akan lebih siap untuk mengelola jutaan rupiah yang akan mengalir nantinya. Liat aja orang2 yang menang undian berhadiah. Cepat datang, cepat pula hilang.

Baca entri selengkapnya »

Posted in Keuangan | Leave a Comment »

Faktor Sukses Milioner

Posted by akhmad Guntar pada Juni 14, 2006

Salah besar klo dikatakan bahwa orang jadi kaya tu karena keberuntungan. Keberuntungan sebenarnya adalah bagian dari rekor prestasi yang dapat dibuktikan. Orang-orang kaya membuktikan bahwa semakin keras mereka bekerja, semakin besar keberuntungan mereka.

Dari buku Think Like a Millioner, disebutkan bahwa para milioner memiliki faktor sukses sebagai berikut:

Baca entri selengkapnya »

Posted in Keuangan | Leave a Comment »

Gaya Hidup Hemat

Posted by akhmad Guntar pada Juni 6, 2006

Perihal pertama dalam upaya utk bisa hemat adl bersikap awas thd kebiasaan sehari-hari.
Gaya hidup sederhana adl terkait dg pilihan; ttg bagaimana kita membelanjakan uang, membeli kebutuhan2 hidup, termasuk menghibur diri dan menikmati waktu luang.Ini bukan sekedar perkara membelanjakan lebih sedikit, tapi juga mengkonsumsi perihal yg berbeda.

Money Bag

Perihal kedua yg patut diwaspadai adl sifat impulsifitas. Banyak orang yg membeli sesuatu tanpa perencanaan. Mereka langsung membeli seketika setelah mereka melihat dan menginginkan sesuatu. I want it and I want it Now. Gawat nih. Utk perihal spt ini, saya biasanya mendiamkan diri dulu hingga perasaan impulsif itu mereda. Soalnya dari pengalaman, setiap beli barang secara impulsif, mulai dari makanan kah, barang2 kecil sampe laptop, impulsifitas pasti membawa penyesalan yg gelo. Rasa senangnya tidak bertahan lama, terutama setelah rasionalitas & pertimbangan membuat diri menilai sebagaimana mestinya.

Perihal ketiga terkait dg pilihan utk mencari kesenangan. Bisa jadi kita punya aturan yg mahal atas kesenangan. Misal baru tersenangkan bila makan di Pizza HuT (terlepas dr bgmn rasanya, mkn ada keyakinan bhw Pizza seharusnya enak,krn banyak yg makan di sana), baru tersenangkan bila nonton di Cinema 21, punya motor cowok dsb. Standard kesenangan jadi terlalu tinggi, dan malah merepotkan. Perlu kiranya kita belajar utk tersenangkan “skd” dg nasi yg dimakan,dg motor yg masih bisa jalan,dg hape yg masih bisa dipake SMS dg baik sekali, dg komputer yg masih bisa bermain Zuma dsb. Sebenernya klo kita pandai bersyukur, gaya hidup hemat akan mudah kita jalani. Saya sendiri ngaca  & masih terus berusaha.

Posted in Keuangan | Leave a Comment »