Bintang Tauladan !

Entrepreneur Lifestyle … mempersiapkan diri untuk menjadi Teladan.

Kaidah Menggiatkan Karyawan

Posted by akhmad Guntar pada September 6, 2006

Posisi saya sbg manajer di perusahaan kecil skr ini mewajibkan saya punya pengamatan yang akurat terkait performa rekan2 di bawah koordinasi saya. Saya rasakan pengalaman berorganisasi di kampus dulu emg amat membantu. Cuman klo dulu saya ndak pernah secara sengaja mbikin rumusan deskriptif ttg apa2 yang saya lakukan. Barulah sekarang ini saya mendefinisikannya.

Kaidah2 berikut ini saya rasakan amat membantu dalam memahami rekan kerja di bawah koordinasi kita, untuk kemudian membantu angkat produktivitas mereka.

Post ini telah dimigrasikan ke AkhmadGuntar dot com
Silahkan klik link berikut untuk terus membaca :

Kaidah Menggiatkan Karyawan

19 Tanggapan to “Kaidah Menggiatkan Karyawan”

  1. andi said

    Wow .. artikel yang luar biasa😀 seandainya saja semua Manager seperti anda atau para pejabat negara punya pola pikir seperti Indon pasti gak lama mengalami masa krisis seperti sekarang😀
    Artikelnya boleh saya ambil kan😀

  2. S Setiawan said

    You shud wrote a book.. :-”

    Another good work, bruh. Sweet..😉

    (I shud comment more, but I dunno what to say.. Aye mikirnya lama sih😀 )

  3. Hedi said

    hei para bos, baca tuh😀

  4. aalinazar said

    wah, tulisan ini membuatku kepingin jadi boss.🙂

  5. Donald said

    Wah, kayaknya kalo aku nanti udah jadi bos kaidah-kaidah ini mesti digantung di dinding deh …🙂

  6. Guntar said

    Andi:
    Seandainya semua manajer spt saya, bisa bangkrut tuh. Saya kan belum pernah jadi manajer di perusahaan gede:mrgreen:
    Monggo artikellnya dikopi dan diperbanyak🙂

    S Setiawan:
    I did write a book. Tp ttg ospek – pengkaderan massal:mrgreen:
    Klo yg tentang bisnis, ntar2 ajah, nunggu saya udah cukup matang, berpengalaman & penuh integritas😛

    Hedi:
    Hei para bos, perkenalkan ni: Hedi, bos outsourcing:mrgreen:

    Aalinazar:
    Klo ngeliat posting2 Anda, saya melihat Anda sebagai manajer gagasan lho🙂

    Donald
    Ayo ndang selesaikan kuliahmu, trus jadi bos (lagi) di kampus. Kamu dulu pembina Hima kan ya😛 Pulang ntar mbikin klub riset sdr donks 8)

  7. S Setiawan said

    Whoa, I’m 43. I shud wrote a book. I’m old enough to do it..

    *ngakak guling-guling*

    Oh, you did? That’s interesting😀 What’s the title?

  8. Guntar said

    Judulnya Pengkaderan: Wacana dan Konsep. Tapi ndak diterbitkan scr umum kok. Cuman terbatas di kampus ITS Surabaya aja🙂

  9. S Setiawan said

    Whoa, sebagai pengunjung tetap blog ini, harusnya saya dapet hadiah. A copy of the book, perhaps? :-”

    *diinjek-injek*😄

  10. anggi said

    halah??? ternyata om satu ini manager towh… heuheuheuheu.. pa kabar pak manager, btw buka lowongan gak😛. asik juga cara kerjamu pak manager

    —sorry Out of Topic —
    email ku dah sampe lom mengenai profil idekreatif.net
    please gimmie some feedback, thanks
    —sorry Out of Topic —

  11. dianika said

    Terlalu kreatif niuh teman saya satu ini.. Apa2 bisa jadi bahan tulisan. Aduh, Mas… seharusnya dulu ndak kuliah di Teknik Informatika ITS. Mestinya masuk Fakultas Sastra aja..
    Tapi ndak ding…
    Terus berkarya ya..!!

  12. Guntar said

    S.Setiawan:
    Yang feasible utk dikasih tu yang bentuk .pdf. Mungkin ntar akan dijadikan salah satu post aja deh ya🙂

    Anggi’:
    Manajer perusahaan kecil (yang masih kecil utk saat ini) ^_^

    Dianika:
    Wrong. Ndak semua bisa jadi bahan tulisan. Beberapa masih lebih suka utk saya jadikan skdr bahan perenungan atau sambil lalu aja. Misal novel, ludruk, kuliner dll🙄
    Dan saya memang dari Jurusan Sastra Informatika kok:mrgreen:

  13. Anang said

    nice article

  14. Putri said

    klo komik … minat ga menjadikannya bahan tulisan. posting tentang Miiko mungkin ^_^ …

  15. BARRY said

    “Termasuk gimana mbikin performance appraisal yang handal & aplikatif.” >> Di tempat saya bekerja, karyawan diikutsertakan dalam menyusun strategi pencapaian goals. Sebagai manager, harus bisa menarik potensi yang karyawan nya sendiri mungkin kurang dapat mengenalnya. Beberapa hal yang mungkin bisa membantu adalah dengan mengetes kreativitas dari karyawan tersebut. (Ada banyak cara untuk hal yang ini) Selamat mencoba.

  16. Since said

    Pantesan aja pak manajernya sibuk terus sih, jadi ‘gak punya waktu buat jalan2 di kota sendiri😉

    Masih ada beberapa lokasi yg pengen aku jelajahi di sana, Gun.

  17. Guntar said

    Putri:
    Komik yang berisi hikmah tentu saja bisa jadi bahan tulisan. Utk Miiko, saya kira bisa tuh jadi ilustrasi gambar😛

    Barry:
    Wah wah, pak Barry ini emg udah banyak makan garam deh 8)
    Untuk menarik potensi, saya biasanya ngeliat dulu pengalaman masa lalunya, berdasarkan gagasan yang saya tulis di salah satu posting. Setelah itu baru ngasih penugasan yang bersesuaian. Untuk tes kreativitas, saya akan coba obrolin ma bos. Terima kasih atas masukannya ya🙂

    Since:
    Bukan gitu, saya aslinya juga ndak banyak tau ttg tempat2 bagus di Surabaya:mrgreen: Ngeliat blog Anda, saya malah jadi tau ada tempat2 yang saya malah belum tau🙂

  18. prambudi said

    Salam, kenal nih.. saking kulo “Kacung Pabrik) ??
    boleh ga di link ma blogq,
    Yach.. klo menurutku sih.. ( 9 kaidah diatas ok sekaleee loo)
    ya.. utk membuat atmosfer kerja lebih greget.. kita bisa dengan pendekatan sisi humanisme, sebagai atasan bisalah suatu saat menjadi teman dekat/sahabat, dan disuatu saat menjadi “BOS” yg galak/”kereng” :devils:
    tergantung timing-nya.
    Yach kayak ujar2nya mbah2 kita dlu (ga usah muluk..)yg penting kita bisa menerapkan pameo jawa..
    1. Ing ngarso sung tulodho (as bos bisalah komit dlm memberi contoh)
    2. ing madya mangun karso (as a bos bisa mengerti apa yg dikehendaki bawahan untuk menggerakkan inisiatif dan motivasi mereka)
    3. tut wuri handayani (as bos mampu mendelegasikan & memberi kebebasan dalam penentuan cara kerja secara bijaksana (sejauh tidak menyimpang dari rel,.. it’s Ok) dan tetap memantau kinerjanya. Ndak di lepas “cul”

  19. arezk said

    Terimakasih, sebagai Manajer&Owner beberapa usaha keciL (yang masih sangat-sangat kueeeeciiiL saat ini) saya merasa sangat terinspirasi dengan artikeL-artikeL Bro Guntar.

    Keep Posting Bro!

Tinggalkan Balasan

 
