Bintang Tauladan !

Entrepreneur Lifestyle … mempersiapkan diri untuk menjadi Teladan.

Self Esteem si Kecil & Media

Posted by akhmad Guntar pada Juli 5, 2006


Dani 01
Selama dua hari kemarin (3 & 4 juli), saya pulang ke kampung halaman, desa sebenarnya, di perbatasan kab. Probolinggo.
Menempuh jarak 103 km dengan motor Gaban saya, perjalanan yang seharusnya makan waktu 6 jam dg bis (gara2 kemacetan banjir lumpur di Porong) saya tempuh dalam 2.5 jam.

Foto yg terpampang di post ini adalah foto keponakan saya; Dani, 3.5 tahun. Nggemesin kan ^_^

Dani 02
Ngeliat keponakan yg pede & penuh gaya ini, saya jadi inget bhw apa yg bisa mendorong anak kecil utk belajar adl faktor internal mereka; rasa percaya diri & pengharapan positif yg mereka punya. Semuanya memang dibentuk oleh lingkungan & model pengasuhan mereka.

Kita ketahui bersama bhw (rata2) anak kecil belum banyak mengenal konsep gagal & affirmasi2 negatif yg membatasi potensi pertumbuhan & pembelajaran mereka. Sementara itu, Dr.Shad Helmstetter mengatakan bhw pd saat seseorang berumur 18tahun, dia akan mendengar hingga 118.000 “tidak” atau afirmasi negatif dari orang2 di sekelilingnya.

Tantangannya, Einstein pernah meneliti bhw utk setiap pesan negatif yg diterima otak, kita butuh minimal sebelas pesan positif utk menegasikan efek buruk yang kadung muncul. Dan tantangannya juga, kita skr hidup di alam media di mana bad news is a good news. Berita2 bagus jarang masuk di koran pagi. Begitu jg dengan tayangan2 tivi kita yang sudah sedemikian ngalor ngidul ndak keruan. Makanya itu, peran orang tua –terutama ibu– sangatlah penting.

Tidak hanya buat si kecil sebenarnya. Jika kita terlalu sering “memanjakan” diri dg tayangan2 & berita2 bermuatan afirmasi negatif di tipi atau koran, dan melupakan interaksi dg para charger, maka bisa disimpulkan sendiri lah, jadi seperti apa kualitas mentalitas kita pada akhirnya.

Dani 03

Jika asupan hikmah & kebaikan tercukupi, maka ndak kalah dengan yang profesional deh, si Dani kecil* aja bisa kok tampil keren & profesional :mrgreen:


* = saat berumur 2 tahun, diabadikan dg kamera HP motorola C650 beresolosi 640×480

Iklan

2 Tanggapan to “Self Esteem si Kecil & Media”

  1. masya alloh itu foto Dani yang pertama mirip dengan superman lagi kecil.., jangan-jangan ini juga bakal jadi superman..? 😀

  2. Guntar said

    Klo Superman yg udah besar, miripnya ama saya (kata temen2 sih, setelah saya paksa :mrgreen:)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: