Bintang Tauladan !

Entrepreneur Lifestyle … mempersiapkan diri untuk menjadi Teladan.

Tapi Hemat Sendiri Tu Apa?

Posted by akhmad Guntar pada Juni 16, 2006

Hemat sendiri artinya bisa dua: (1) menghemat apa yang dikeluarkan utk kebutuhan kita (2) Membuat surplus berupa tabungan. Kebanyakan orang tu pinter untuk perihal yang pertama. Pinter nyari barang2 diskon, tapi payah dalam menabung selisih yang didapet dari diskon.

Pernah tau nggak ada temen perokok yang pada akhirnya bisa berhenti merokok dan membanggakan betapa dia bisa lantas menghemat sampai 300 ribu setiap bulannya. Tapi terus klo ditanya, “Trus 300ribu nya tu lari ke mana?” dan temen Anda tu diem aja ndak bisa njawab.

Menghematnya sih udah bener, tapi trus kok lantas lupa nyimpen uang hasil penghematannya itu.

Nah to, kan🙂

5 Tanggapan to “Tapi Hemat Sendiri Tu Apa?”

  1. haikal00 said

    hmm.. klo mau memastikan surplusnya ada, berarti tiap kali berhasil menghemat, uang lebihnya harus dikeluarkan dari dompet dan disimpan ditempat lain… klo ngga’, biasanya terpakai buat yg lain.

    gini..misalnya uang saya di dompet 10rb. biasanya makan siang kalo tambah teh botol, habis 9rb (kembali seribu).

    jadi skenarionya diubah.. karena menghemat, minumnya air putih aja.. tehnya bikin di kantor, sblm mulai kerja. jadinya bisa menghemat 2rb (di bandara emang relatif mahal semuanya loh.. maklum, kantinnya ga ada saingan) jadinya buat makan siang habis 7rb. 2rbnya tetep saya keluarin dari dompet, dan disimpan di tas.

    pertanyaan: bisa nyisihin 2rb perak dari dompet, yakin uang pecahnya ada???

  2. Guntar said

    Saya pake alat bantu Microsoft Money. Di sana ada pengalokasian budget utk tiap kategori pengeluaran. Kita bisa ngitung surplus kita klo jumlah pengeluaran lebih kecil ketimbang budget.
    dan surplus bisa disimpan di piggybank… klo saya sih pake baskom dari plastik. Tapi saya akui emg kadang masih susah berdisiplin :p

  3. Berhemat atau mengelola pengeluaran memang jalan pertama menuju kebebasan finansial… Tapi masih harus ada langkah berikutnya, yaitu menambah jalur2 pemasukan, kalau bisa yang pasif dan redundant… Tapi kaya’nya ini memang bakal dibahas Mr. Guntar di posting2 selanjutnya…

  4. cindymon said

    nah, ini baru prinsip anak kost he he he ;p

  5. Guntar said

    #4 Tapi meskipun dah ndak ngekost tentunya baik dong klo terus pake prinsip ini ^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: