Bintang Tauladan !

Entrepreneur Lifestyle … mempersiapkan diri untuk menjadi Teladan.

Tunjukkan pada Diriku Banyak Salah & Gagal

Posted by akhmad Guntar pada Juni 13, 2006

Anda juga tau, bahwa gagal & salah itu ternyata penting. Bahkan kita perlu gagal & salah sampai beberapa kali. Sebab klo enggak, brati kita nggak pernah menjajal batasan kita. Artinya kita kurang berani ambil risiko untuk meningkatkan kompetensi kita. Tapi beberapa kali gagal itu ndak sebaiknya terjadi secara berurutan, saya ngaca aja sih. Kegagalan yang beruntun soalnya malah bisa melepuhkan semangat.


Salah satu hal menariknya adalah, bahwa kita pun juga bisa belajar dari kegagalan orang lain. Saya sendiri bahkan, klo tau ada orang sukses gagal dalam bisnis, saya malah ‘seneng’, dalam artian saya meyakini bahwa bila seorang ahli alami kegagalan, maka pembelajaran yang bisa dipetik pasti banyak. Tapi paling enggak, ada perasaan seneng, klo yang expert aja bisa gagal, brati ndak masalah dong klo saya juga gagal. Biasa. Hal ini menimbulkan perasaan berani dan dare to fail. He..he… 🙂

Fail

Asal kemudian, kegagalan orang lain itu bukan dijadikan sumber kesenangan. Soalnya entah kenapa, saya ngeliat banyak orang yang justru ngerasa senang ngeliat orang lain gagal. Sampai ada perkataan, “Whenever a friend succeeds, a little something in me dies.” Gawat. Semoga sih bukan karena sirik deh, tapi karena dg ngeliat kegagalan orang lain, dia jadi bisa bersimpati ke ybs.

Apapun deh, yg jelas kita butuh ‘kesalahan’ & kegagalan untuk mencapai kualitas hasil yg lebih tinggi ketimbang yg bisa kita capai klo kita berhasil pada upaya pertama. Kegagalan adalah pertanda diperlukannya cara2 yg lebih baik. Kegagalan dan kesalahan yg ndak kita cermati baik2 pasti akan timbul lagi di tempat dan kesempatan lain. Percaya deh.

Cepat atau lambat, orang yg nggak bisa menghormati pembelajaran dari kegagalan dan kesalahannya sendiri, dia akan gagal. Cepat…atau lambat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: