Bintang Tauladan !

Entrepreneur Lifestyle … mempersiapkan diri untuk menjadi Teladan.

Melongok Metodologi Inovatif IDEO

Posted by akhmad Guntar pada Juni 10, 2006

IDEO, salah satu perusahaan layanan-desain paling inovatif di dunia memiliki metodologi kerja yang saya anggap menarik. TIdak hanya dalam mensolusikan masalah, namun juga caranya dalam memetaforakan gagasan.

IDEO
Dalam upayanya memahami pasar dan menemukan solusi, IDEO turun langsung ke pasar, jalan2, stasiun, supermarket, dan manapun lah untuk mengamati orang2 dalam kehidupan riil. IDEO berupaya menemukan apa2 yang membuat orang2 bertingkah laku seperti apa yang terlihat, apa yang mbikin mereka bingung, apa2 yang mereka suka atau benci, serta apa2 kebutuhan utama yang tak terpenuhi oleh produk & jasa yang tersedia saat ini.

Mengapa sih IDEO mau repot2 terjun ke lapangan? Karena mereka meyakini bahwa baik di bidang seni, sains, teknologi atau bisnis, inspirasi ternyata seringkali datang dari kedekatan dg tindakan. Ide-baru akan muncul dari melihat, mencium, mendengar, — dan berada di tempat.

Keterlibatan panca indera sedemikian penting, dan itulah kenapa orang2 tetap pergi ke museum untuk mendapatkan inspirasi dari kehadiran karya seni asli, meskipun sebenernya gambar-digital bisa dengan mudahnya dilihat melalui layar komputer di rumah.

Ketika IDEO mengamati orang-orang dalam keadaan alamiah mereka, dia tidak hanya melihat nuansa perilaku manusia, tetapi juga berusaha untuk menemukan motivasi dan emosi mereka. Dari situlah IDE berusaha memahami psikologi yang mendasari interaksi seseorang dengan produk dan jasa.

Lebih jauh lagi, IDEO merasa lebih mudah berpikir tentang produk sebagai kata kerja daripada kata benda. – jadi bukannya cellular-phone, tapi phone-cellular. Dengan melihat produk sebagai kata kerja -sebagai peralatan bergerak yang menyatu dalam hidup manusia- maka IDEO jadi makin tanggap thd cara orang menggunakan produk, ruang, jasa-apapun yang dia coba perbaiki.

Menarik saya kira.

7 Tanggapan to “Melongok Metodologi Inovatif IDEO”

  1. sa said

    maaf ya OOT.🙂
    met gabung dg blogfam. acc membernya sdh diaktifkan. ditunggu sapa nya di perkenalan ya.

  2. gerry said

    jadi ini bukan lagi “produk mencari pasar” tapi lebih kepada “pasar mencari apa”. Kayanya pernah baca sesuatu kaya gini, walaupun beda contentnya…tp dimana yah, lupa…btw, salam kenal mas

  3. Jadi ingat buku “The Art of Innovation”, tapi IDEO tentunya sudah berkembang melebihi yang ditulis di buku itu (dengan berbagai ide baru). Yang sulit menerapkannya nih ^_^ .

  4. […] Jika ideo adalah adalah salah satu perusahaan jawara di bidang inovasi, maka engineer wanita pertama di Google ini adl individu jawara yg kerap banget masuk di Business Week. […]

  5. […] Marissa Mayer adalah salah satu jagoan di Google. Dia tidak hanya menjadi pemburu talenta yang mumpuni, lebih dari itu, dia adalah vice-president untuk Search Products & User Experience (web search, images, groups, news, Froogle, the Google Toolbar, Google Desktop, Google Labs, and more). Ia punya kewenangan besar untuk memberikan persetujuan atas fitur2 baru yg akan muncul di Google.Jika IDEO adalah adalah salah satu perusahaan jawara di bidang inovasi, maka engineer wanita pertama di Google ini adl individu jawara yg kerap banget masuk di Business Week. […]

  6. […] Marissa Mayer adalah salah satu jagoan di Google. Dia tidak hanya menjadi pemburu talenta yang mumpuni, lebih dari itu, dia adalah vice-president untuk Search Products & User Experience (web search, images, groups, news, Froogle, the Google Toolbar, Google Desktop, Google Labs, and more). Ia punya kewenangan besar untuk memberikan persetujuan atas fitur2 baru yg akan muncul di Google.Jika IDEO adalah adalah salah satu perusahaan jawara di bidang inovasi, maka engineer wanita pertama di Google ini adl individu jawara yg kerap banget masuk di Business Week. […]

  7. […] IDEO adalah adalah salah satu perusahaan jawara di bidang inovasi, maka engineer wanita pertama di […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: