Bintang Tauladan !

Entrepreneur Lifestyle … mempersiapkan diri untuk menjadi Teladan.

Cuplikan dari buku The Apple Way

Posted by akhmad Guntar pada Juni 2, 2006

Apple
Meskipun Apple adl perusahaan teknologi, tapi buku ini pantes dibaca untuk para manajer yg pengen belajar dari kegagalan dan kemenangan Apple. The Apple Way menunjukkan bagaimana perusahaan bisa mengkombinasikan pengembangan produk yg inovatif dan terintegrasi, customer support yg luar biasa, budaya perusahaan yg menunjang performa tinggi, packaging yg keren, dan marketing yg canggih untuk menjaga bisnis tetap unggul dan berada di puncak persaingan.

1. Apple meyakini bahwa dalam bisnis skr ini, ndak bisa lah kita lakukan segalanya sendirian, seberapa pinter orangnya sekalipun. Karena pasar bergerak terlalu cepat, teknologi tumbuh terlalu kompleks dan susah terlalu banyak orang yg telah menginvestasikan terlalu banyak waktu dan uang dalam inovasi. Dan omong-omong, kebanyakan dari orang2 pintar itu bekerja secara tim, mencoba untuk mengalahkan kita.

2. Mac itu begitu hebat karena Apple mengendalikan setiap aspek relevan dari pengalaman dalam menggunakan Mac. Apple menjadi semacam gaya hidup.

3. Cara Apple menjadikan PC menjadi sedemikian mudah dan intuitif utk digunakan;

    a. Mengembangkan sistem operasi yg mengantisipasi kebanyakan tugas yg sekiranya pengguna enggan untuk mengerjakannya, lalu menjadikannya siap saji, dan memberikan respon layaknya seorang manusia atas setiap permintaan pengguna.
    b. Membuat seperangkat konvensi untuk mengatur bagaimana software aplikasi harus dibuat. Jadi Apple membuat aturan yg amat ketat -jauh lebih ketat ketimbang microsoft- pada vendor2 yg membuat software untuk dijalankan di Mac.

Menariknya, dia juga bilang gini, “We don’t underestimate people….Rather than making a far inferior product for a hundred dollars less, we gave the people the product that they want and that will serve them for years, even though it’s a little pricier. People are smart; they figure these things out.” Dan kita tahu bahwa Mac memang lebih mahal ketimbang PC & Microsoft nya. Tapi kita juga tahu bahwa Mac memiliki pengguna yg amat cerdas & loyal.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: